Chevy Camaro Z28 IROC-Z ‘ 1985

Chevrolet Z-28 pertama diperkenalkan di tahun 1982, sebagai versi “limited” untuk Camaro generasi ketiga. Pada tahun 1985, Chevrolet memperkenalkan versi IROC-Z yang diberi nama berdasarkan event International Race of Champions. Ditawarkan sebagai paket pilihan di Z28, Camaro IROC-Z menampilkan suspensi yang telah diupgrade, menurunkan tinggi kendaraan, dan pegas berkatup Delco-Bilstein yang mencolok dengan diameter yang lebih besar, sway bar, stabilizer kemudi yang dikenal sebagai “wonder bar“, Paket decal (sticker), bodykit, dan sistem Tuned Port Injection opsional yang diambil dari Chevrolet Corvette.

Camaro ini juga berbagi ban  “Gatorback” Corvette buatan Goodyear dengan ukuran 245/50 / VR16 vs. ukuran Corvette 255/50 / VR16, dan menggunakan velg aluminium 5-spoke 16 inci yang unik. Roda baru ini didesain dengan offset depan dan belakang belang, untuk membedakan roda mana yang belakang, mana yang depan. :D

Checrolet Camaro IROC-Z berada di daftar 10 besar best sport car versi Car and Driver untuk 1985. Dengan mesin 348 c.i. (5700 cc) V8 TPI LB9 mampu menelurkan tenaga sebesar 240 HP (versi double exhaust), lumayan besar untuk jaman itu.

Walaupun bobot Camaro ini lebih berat dari  Chevy  Astro Minivan baru, tapi Chevrolet Camaro mampu mendobrak di 10 besar dan membuktikan bahwa bobotnya bukan masalah untuk mesin LB9 nya.
Memang Chevrolet Camaro IROC Z tidak sebagus yang kita harapkan dari sebuah coupe sport untuk dilakukan, yang seharusnya bisa lebih (ambil saja contoh Nissan Z yang lebih kecil, lebih murah, lebih baik performa nya). Namun dari segi rasio harga-kinerja, itu mungkin pembelian yang lebih baik daripada  Corvette. Corvette melakukan banyak hal dengan lebih baik dan lebih cepat daripada Camaro, tapi harganya juga lebih mahal. Please, jangan dibandingkan sama mobil Jepang ya… Hehehe, This is muscle car we’re talking..

Checrolet Camaro IROC-Z ini diproduksi sampai dengan tahun 1989 sebelum mengalami facelift di tahun 1990 dan emblem IROC-Z tidak lagi digunakan sampai tahun 2018 nanti.. Tunggu ulasan nya ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s